Panduan Bisnis

Berkarya Jadi Pengusaha. Berisi ekonomi dan bisnis.

Pengertian Bisnis

Pengertian Bisnis

Pengertian bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba1


Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan1


Dari dua pengertian diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa titik point dalam bisnis yaitu keuntungan atau laba atau profit. 

Keuntungan tidak hanya berorientasi pada uang dan kekayaan. Keuntungan lebih menarik jika diarahkan pada kesejahteraan. Kesejahteraan semua elemen didalam proses sebuah bisnis. Pengelola bisnis, karyawan, manajemen, distributor dan konsumen. 

Dalam sebuah bisnis setidaknya ada beberapa hal yang harus ada, diantaranya: 
1. Penjual 
2. Pembeli 
3. Barang/Jasa 
4. Distributor 
5. Alat pembayaran 

Pada dasarnya bisnis merupakan pemenuhan kebutuhan manusia. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia memerlukan manusia lain dalam suatu keterkaitan. Manusia memerlukan makan, minum, sandang, pangan, rumah, perabotan dan semua itu tidak dapat dipenuhi sendiri tanpa bantuan orang lain. Dilain pihak ada manusia lain yang juga memerlukan kebutuhan yang sama sehingga terjalinlah keterikatan. Keterikatan tersebut berjalan dan semakin berkembang seiring dengan perkembangan alat pembayaran. Semakin kompleks barang/jasa yang diperlukan maka semakin banyak manusia yang masuk dalam keterkaitan tersebut. Sehingga muncullah penyedia barang/produk dan jasa untuk membantu memenuhi kebutuhan yang semakin kompleks tersebut. Tanpa kita sadari ditiap aktivitas hidup kita banyak sekali bersinggungan dengan elemen bisnis baik sebagai konsumen, produsen, distributor maupun promotor. 

Nah, jika kita ingin menjadi bagian dari pelaku bisnis maka kita sudah tahu harus menjadi elemen yang mana. Apakah sebagai produsen, penjual, distributor atau marketing, apapun itu kembali pada pengertian bisnis diawal maka dalam bisnis output yang harus ada yaitu laba/profit/keuntungan. 


Referensi : 1. http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis



0 Komentar untuk "Pengertian Bisnis "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top