Panduan Bisnis

Berkarya Jadi Pengusaha. Berisi ekonomi dan bisnis.

Tips Melakukan Riset Bisnis

Sebelum memulai sebuah bisnis, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah riset bisnis. Riset bisnis penting untuk mengetahui gambaran nyata prospek bisnis kedepannya sehingga bisnis yang kita pilih adalah bisnis yang tepat. Bisnis yang tepat akan menghidarkan kita dari resiko kegagalan dalam berbisnis. 

Tips Melakukan Riset Bisnis

Tidak hanya sampai disitu, nantinya riset bisnis ini dapat kita gunakan untuk mengetahui grafik data nyata kebutuhan masyarakat sekitar, persaingan bisnis yang terjadi dan inovasi bisnis agar produk tetap original dan memiliki nilai tambah. Bahkan bisa jadi dengan riset bisnis, kita memiliki diferensiasi bisnis yang lainnya.

Riset bisnis membantu Anda menemukan bisnis yang tepat dan mengembangkannya jauh ke depan. Berikut ini beberapa tips dalam melakukan riset bisnis. 

1. Apa yang dibutuhkan masyarakat?

Langkah pertama adalah meneliti apa yang dibutuhkan masyarakat. Bisnis yang potensial adalah bisnis yang membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Lihat darimana masyarakat memenuhi kebutuhannya dan analisa kebutuhan itu dalam waktu tertentu.

Data-data tersebut akan menggambarkan tingkat kebutuhan masyarakat dan bagaimana mereka memuhinya selama ini. Anda dapat menemukan kebutuhan masyarakat yang tinggi dengan penyedia yang belum banyak. Inilah menjadi peluang bisnis Anda.

2. Apa yang kurang maksimal dilakukan penyedia produk/jasa?

Selanjutnya, Anda meneliti apa yang kurang maksimal dilakukan oleh penyedia produk/jasa yang lain. Dalam hal ini Anda dapat melihat poin pelayanan, pemasaran, kepuasaan konsumen dan lainnya. Dengan data ini Anda harus mapu membuat bisnis yang lebih baik dari mereka yang telah ada. 

Anda dapat memberikan nilai tambah untuk tampil lebih baik. Tentu hal ini tidak hanya membuat bisnis Anda tampak berbeda namun juga membuat konsumen lebih puas. Kejelian melihat celah dan kreativitas membuat lebih baik akan membuat bisnis Anda lebih potensial.

3. Langsung bertindak : Ambil peluang bisnis

Bisnis yang paling baik adalah bisnis yang segera dilakukan. Tak sekedar angan dan rencana saja. Oleh karena itu, setelah mendapatkan beberapa data diatas, langkah selanjutnya adalah membuat proposal bisnis yang bagus dan mengeksekusinya segera mungkin. Jangan sampai peluang di depan mata, diambil orang lain terlebih dahulu. 

Lakukan riset bisnis dengan sungguh-sungguh dan data yang dapat dipertanggung jawabkan serta analisa yang tepat. Gagal melakukan riset bisnis artinya gagal merencakanan bisnis. Resikonya, kerugian akibat salah perhitungan. Oleh karena itu, bekali diri dengan pengetahuan tentang data riset bisnis dan analisanya dengan membaca berbagai buku dari ahlinya.

0 Komentar untuk "Tips Melakukan Riset Bisnis"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top