Panduan Bisnis

Berkarya Jadi Pengusaha. Berisi ekonomi dan bisnis.

Tips Meningkatkan Kinerja Otak Kanan Bagi Calon Pengusaha


Otak kiri dan otak kanan memiliki peran yang berbeda dalam menunjang kehidupan manusia. Otak kiri berperan dalam proses analitik dan sistematis, sedangkan otak kanan berperan dalam proses kreatif dan intuitif. Seorang pengusaha sukses biasanya memiliki penguasaan otak kanan yang lebih dominan. Mereka cenderung berpikir kreatif dan intuitif sehingga mereka menjadi pribadi yang kreatif, pantang menyerah dan memiliki berjuta ide cemerlang yang tak teripikirkan oleh orang lain. Oleh karena itu, jika Anda merupakan calon pengusaha yang ingin sukses maka mutlak diperlukan penguasaan otak kanan yang baik. Anda harus selalu meningkatkan kinerja otak kanan agar selalu pantang menyerah dan solutif. Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kinerja otak kanan. Berikut ini beberapa cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kinerja otak kanan bagi calon pengusaha.

Meditasi
Meditasi dinilai efektif untuk meningkatkan kinerja otak kanan. Meditasi membuat seseorang menjadi lebih rileks. Saat rileks inilah sisi otak kanannya menjadi lebih aktif dan reseptif sehingga mudah menerima informasi yang menjadikan pola pikirnya berkembang. Sekarang ini banyak sekali metode-metode meditasi yang dapat menjadi acuan. 

Bermain Alat Musik, Mendengarkan dan Bernyanyi
Bermain alat musik, bernyanyi dan mendengarkan musik dapat menstimulasi korteks auditori pada otak kanan sehingga mampu meningkatkan kreativitas seseorang. Oleh karena itu, tak jarang pengusaha sukses yang gemar bermain alat musik, bernyanyi atau sekedar mendengarkan musik untuk mendapatkan inspirasi. 

Melakukan Kegiatan Seni
Kegiatan seni seperti menggambar atau melukis dapat menstimulasi otak kanan seseorang. Mereka cenderung mampu menuangkan kreativitas mereka lewat gambar. Sisi keindahan, intuisi dan inspirasi jauh lebih berkembang dengan kegiatan ini. 

Lakukan dan kembangkan hobi kreatif
Hobi-hobi kreatif seperti merajut, menjahit dapat menstimulasi otak kanan seseorang untuk selalu berpikir kreatif. Untuk mendapatkan hasil yang bagus mereka memiliki imajinasi dan intuisi yang menstimulasi bagian konseptual yang ada pada otak sisi kanan.

Menulis atau Menggambar dengan tangan yang tidak dominan
Ketika orang yang dominan tangan kanan berusaha melakukan sesuatu dengan tangan kirinya maka otomatis ia juga melatih otak kanannya. Tidak hanya tangan, berusaha untuk menendang bola dengan kaki kiri juga merupakan bentuk usaha untuk meningkatkan kinerja otak kanan. Semakin banyak menggunakan sisi tidak dominan dari tubuh maka akan semakin sering kita memancing sisi kreatif, intuitif dan emosional yang bersumber dari otak bagian kanan.

Dalam sebuah usaha pasti akan banyak tantangan menghadang. Maka diperlukan kreativitas, pantang menyerah, intuisi yang tajam dan emosional yang baik untuk dapat bertahan di dalamnya. Sisi-sisi tersebut merupakan peran dari otak kanan. Oleh karena itu, jika Anda benar-benar ingin terjun dalam dunia bisnis atau usaha maka tingkatkan kinerja otak kanan untuk mendekatkan pada kesuksesan.
4 Komentar untuk "Tips Meningkatkan Kinerja Otak Kanan Bagi Calon Pengusaha"

Bermain musik memang mengasikkan, ternyata berdampak baik bagi otak kanan.

Mungkin hal berikut bisa membantu :
http://kang-bahar.blogspot.com/2015/03/9-gaya-hidup-sehat-ala-jepang.html

Betul.... ayo aktifkan teruuuus....

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top