Panduan Bisnis

Berkarya Jadi Pengusaha. Berisi ekonomi dan bisnis.

Tips Menjadi CEO Sukses di Usia Muda

CEO (Chief Executive Officer) merupakan jabatan tertinggi dalam sebuah perusahan. Seorang CEO berperan dalam menentukan visi dan arah perkembangan perusahaan. Begitu sentralnya peran CEO dalam sebuah perusahaan membuat tak sembarang orang yang dapat menduduki posisi tersebut. Seorang CEO haruslah berpengalaman dan memiliki karakter yang kuat karena di tangan CEOlah, perkembangan atau kemunduran sebuah perusahaan berawal. 


Menjadi CEO yang sukses di usia muda, bukanlah hal yang mustahil. Hal ini dibuktikan oleh beberapa orang muda di dalam dan di luar negeri. Contoh saja, Mark Zukenberg (CEO Facebook) yang menjadi CEO sukses saat berusia 28 tahun. Di dalam negeri ada CEO muda William Tanuwijaya (CEO Tokopedia) dan Achmad Zaky (CEO Bukalapak) yang meraih sukses bersamaa perusahaannya. 

Lalu, apa kiat sukses para CEO muda tersebut? Nah, berikut ini beberapa tips yang diambil dari pengalaman para CEO sukses di usia muda.

1. Memiliki pikiran yang visioner

CEO pastilah seorang pemuda yang visioner. Pemuda yang memiliki visi jauh kedepan tentang apa yang akan ia lakukan. Seorang CEO harus mampu mengkomunikasikan strateginnya dengan baik sehingga setiap bagian dari perusahaan sadar apa yang sedang mereka tuju. Tak mungkin seorang CEO dapat sukses jika tak ada tim solid yang dapat dibentuknya untuk mencapai visi tersebut. 

2. Berani bertransformasi secara berkelanjutan

Seorang CEO yang sukses harus memiliki kemampuan bertansformasi dengan cepat. Seiring perkembangan teknologi informasi yang demikian cepat, perlu pula adapatasi yang sesuai. Transformasi dari satu tangga ke tangga selanjutnya dengan selalu berusaha lebih baik, tak mudah puas. Transformasi ini membutuhkan pengetahuan yang luas, sikap terus belajar dan selalu pantang menyerah. 

3. Memimpin perusahan sekaligus memimpin orang

Seorang CEO sukses tidak hanya fokus memimpin perusahaan dengan berbagai strateginya, namun juga harus memimpin orang-orang yang ada di dalam perusahan tersebut. Orang-orang yang mampu tumbuh berkembang dan menjadi tim yang hebat akan membuat perusahaan semakin sukses. Sehingga seorang CEO harus mampu memimpin perusahaan sekaligus orang.

4. Bertindak strategis

Seorang CEO sukses selalu memiliki kemampuan bertindak strategis. Tindakan yang kadang tidak terpikirkan oleh orang lain, namun keputusan potensial bagi perusahaan. Kemampuan bertindak strategis ini sering didasari karena seorang CEO melihat berbagai hal dari segala sudut, terutama sudut yang berbeda. Berani mengambil tindakan yang berpengaruh jangka panjang seiring dengan visi dan arah perkembangan perusahaan. 

5. Memahami batasan diri

Seorang CEO yang sukses tidak hanya menyadari dan memanfaatkan berbagai kelebihan dalam dirinya, namun juga mengenali batasan dirinya. Ia juga tetap menyadari dirinya yang masih muda dengan tetap bersikap 'muda'. Bersikap efektif, produktif yang mampu menyeleseikan masalah tidak secara konvensional. Memahami batasan diri juga berarti bahwa CEO sukses sangat menghargai dan mempertimbangkan masukan tim dengan baik, meskipun pada akhirnya ialah sang penentu keputusan. 

Kesimpulan
Usia muda bukanlah penghalang untuk menjadi CEO yang sukses. Malah, usia muda merupakan waktu yang tepat untuk melakukan perubahan besar. Salah satunya menjadi CEO sukses. Sikap terus belajar dan pantang menyerah inilah yang akan melahirkan tindakan strategis untuk terus tumbuh berinovasi dan produktif. 
Jadilah orang yang pantang mundur. “Nomor satu, ide-ide yang hebat itu penting. Kedua, temukan passion Anda. Dan nomor tiga, jadilah orang yang gigih, pantang mundur.” Steve Ballmer, CEO Microsoft 
0 Komentar untuk "Tips Menjadi CEO Sukses di Usia Muda"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top