Panduan Bisnis

Berkarya Jadi Pengusaha. Berisi ekonomi dan bisnis.

5 Tips Memulai Bisnis Ala Tung Desem Waringin

Semua orang tentu ingin memiliki bisnis yang sukses. Impian dan cita-cita memiliki bisnis yang sukses tersebut harus segera direalisasikan dengan mulai berbisnis. Mungkin kita masih bingung bagaimana harus memulai bisnis, darimana harus memulainya. Pakar bisnis handal sekaligus motivator hebat , Pak Tung Desem Waringin memberikan beberapa tips untuk memulai bisnis. Tentu nama besar dan prestasi Pak Tung tak perlu diragukan lagi dalam dunia bisnis. Berikut ini beberapa tips memulai bisnis ala Tung Desem Waringin.

1. Tulis impian dan hobi Anda 
Tips pertama yaitu dengan mengetahui cara usaha dan bisnis apa saja yang Anda ingin buat. Tulis 10 impian dan hobi Anda disebuah kertas lalu seleksi menjadi 3 pilihan usaha yang paling ingin Anda miliki. Selanjutnya seleksi lagi menjadi 1 mimpi yang membuat Anda harus mewujudkannya.

2. Bangun alasan yang kuat
Berikan alasan yang sangat kuat mengapa Anda begitu yakin untuk membangun usaha tersebut. Anda dapat membayangkan kenikmatan apa yang akan Anda dapatkan jika mempi tersebut terwujud dan apa kesengsaraannya yang Anda terima jika mimpi itu tidak terwujud.

3. Wujudkan mimpi
Selanjutnya mulailah untuk mewujudkan mimpi tersebut dengan bertindak. Cari tema yang tepat dan tulis misi dan visi apa yang Anda akan capai. Sebelumya lakukan riset baik dari internet maupun dari kenyataan sehari hari.

4. Rancang strategi
Tulis dan rancang strategi yang akan dijalankan, selanjutnya gunakan faktor pengungkit.
  • OPM (Other People’s Money) 
  • OPE (Other People’s Experience) 
  • OPI (Other People Idea) 
  • OPT (Other People’s Time) 
  • OPW (other People’s Work) 
Jika Anda belum bisa melakukannya sendiri sebaiknya cari pembimbing/mentor yang telah sukses dibidang tersebut untuk mengurangi resiko kegagalan dalam melakukan pencapaian.

5. Tim yang kompak
Selanjutnya dalam berbisnis/usaha tentu Anda tidak dapat sendirian maka buatlah TEAM yang kompak dalam membantu mewujudkannya goal tersebut. 
  • T = Together 
  • E = Everybody 
  • A = Achieve 
  • M = Miracle 
Gunakanlah relasi, jaringan internet, yang kita punya untuk mencapai goal visi dan misi tersebut. Buatlah jaringan baru yang tak terhingga dengan membuat relasi dan silahturami sebanyak-banyaknya.

Selanjutnya adalah modal. Modal bukan hal yang utama dan dapat kita peroleh dari mana saja yang bisa kita usahakan. Memulai bisnis memang bukan hal mudah. Mulailah bisnis dengan sungguh-sungguh untuk melahirkan strategi dan landasan yang kuat agar bisnis tak mudah goyah. 
1 Komentar untuk "5 Tips Memulai Bisnis Ala Tung Desem Waringin"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top