Panduan Bisnis

Berkarya Jadi Pengusaha. Berisi ekonomi dan bisnis.

Tips Bisnis Menjelang Lebaran


Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Lebaran merupakan salah satu momen tahunan yang dirayakan oleh seluruh umat muslim. Potensi pasar dari umat muslim yang begitu besar membuat setiap tahun menjelang lebaran bermunculan bisnis-bisnis baru. Beragam bisnis bermunculan mulai dari fashion, kuliner, kue atau roti, accesoris hingga bisnis di bidang jasa seperti transportasi mudik, penjahit dll. Kita yang tertarik dalam dunia bisnis pasti tak akan membuang kesempatan dengan banyaknya potensi pasar tersebut. Bagi anda yang tertarik ikut berpartisipasi dalam maraknya bisnis menjelang lebaran, berikut tips yang bisa membantu anda :

1. Menentukan target pasar
Lapisan masyarakat mana yang ingin anda jadikan terget utamanya. Apakah menegah keatas atau menengah kebawah. Setiap lapisan masyarakat memiliki karakter yang berbeda dalam urusan selera konsumsinya. Jika anda membidik lapisan keatas maka kualitas, kuantitas, visual yang elegan menjadi poin plus. Jika anda melirik lapisan menengah maka ada baiknya mempertimbangkan kuantitas namun usahakan kualitass tetap terjaga. Dengan memecah beberapa produk menjadi lebih kecil maka harga akan semakin murah tanpa meninggalkan kualitas didalamnya.

2. Mengikuti perkembangan pasar
Kearah mana perkembangan pasar berjalan maka disitulah pasar yang menjanjikan. Ikuti tren mode terkini dan variasikan dengan pasar anda. Dalam dunia fashion, tren model jilbab berkembang dengan variasi yang berbeda-beda. Ikuti gaya mode jilbab terbaru maka peluang pasarnya akan semakin lebar.

3. Memenuhi kebutuhan konsumen
Jeli dalam memberikan solusi bagi setiap permasalahan yang muncul dari konsumen. Misalnya dalam bidang jasa, banyak orang bermasalah dengan pakaian dan kondisi tubuhnya. Maka munculah solusi penjahit atau permak. Banyak orang hanya sekedar ingin memperlebar atau mengurangi ukuran celana di bagian pinggang misalnya. Karena menjelang lebaran, perut semakin membesar dan pinggang melebar. Atau bahkan tak jarang yang semakin kecil karena puasa. Potensi pasar seperti ini sangat banyak dikalangan masyarakat.

Kejelian dalam membidik peluang pasar menjadi tantangan tersendiri untuk bisnis menjelang lebaran. Semakin jeli dalam melihat peluang pasar maka semakin besar potensi untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Selanjutnya beberapa ide bisnis menjelang lebaran.

Selamat mencoba........
Semoga sukses...........


0 Komentar untuk "Tips Bisnis Menjelang Lebaran"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top