Panduan Bisnis

Berkarya Jadi Pengusaha. Berisi ekonomi dan bisnis.

Tips Menciptakan Peluang Usaha

Tips menciptakan peluang usaha
Setiap kita pastinya sangat mendambakan mendapatkan peluang usaha yang bagus, yang dapat mendongkrak penghasilan kita. Dalam melihat peluang usaha setidaknya kita dapat melakukannya dengan menggunakan analisa SWOT (Strong, Weakness, Opportunity, Threats). Dengan menganalisa SWOT kita mendapatkan gambaran kasar tentang sebuah usaha beserta kelebihan dan kekurangannya. Bagi masing-masing orang analisa SWOT ini tentunya berbeda satu dan lainnya karena faktor latar belakang, kondisi, lokasi, sudut pandang dan relasi yang dimiliki.

Setelah kita melihat beberapa peluang usaha maka sekarang kita gali lebih dalam lagi peluang usaha tersebut. Cara menggali peluang usaha yaitu :


1. Mengamati kebutuhan pasar 
Tipsnya yaitu dengan banyak mengamati dan memperkirakan apa-apa yang dibutuhkan pasar dan belum dikembangkan oleh pihak lain.

2. Mengembangkan produk
Kadangkala peluang usaha bisa diperoleh dari produk yang telah ada namun memiliki kekurangan. Nah, peluang kita adalah mengembangkan produk yang telah ada tersebut, menutup kekurangannya atau memodifikasi produk yang telah ada.

3. Memadukan produk
Tips selanjutnya adalah memadukan produk yang telah ada di pasaran. Dengan memadukan produk yang telah ada maka bisa didapatkan produk baru yang lebih menarik.

4. Membaca tren
Tren pasar akan senantiasa berubah seiring dengan perkembangan jaman. Tren di lokasi A saat ini bisa jadi menjadi tren di lokasi B dalam 1 bulan kedepan, bisa jadi tren di lokasi C satu tahun kemudian. Kemampuan membaca tren dan memprediksikannya dapan membuat anda menjadi pioneer di lokasi tersebut.

5. Menggunakan asumsi baru
Tips terakhir yaitu menggunakan asumsi baru. Produk yang telah ada dapat anda rebranding dengan produk yang anda ciptakan. Rebranding dengan asumsi yang anda ciptakan dan ingin anda bangun. Dengan asumsi yang tepat maka dapat meningkatkan kualitas produk anda.


Semoga bermanfaat.......
Salam sukses.................


0 Komentar untuk "Tips Menciptakan Peluang Usaha"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top