Panduan Bisnis

Berkarya Jadi Pengusaha. Berisi ekonomi dan bisnis.

10 Tips Branding Produk


Apa sih pentingnya brand dalam dunia usaha? Brand tidak hanya sebuah logo dalam perusahaan. Brand menggambarkan image atau persepsi orang terhadap produk dan perusahaan anda. Ketika orang mendengar sebuah brand maka ia akan membayangkan produk dan perusahaannya. Brand merupakan identitas sekaligus aset yang penting dimiliki oleh perusahaan. Begitu pentingnya peran brand yang memiliki nilai dan strategi marketing maka kita akan membahas tips untuk meningkatkan brand yang bagus dan berkualitas.

1. Membuat desain logo sesuai dengan bisnis
Dalam mendesain logo kita harus memiliki tema yang ingin kita tampilkan. Tema tersebut harus sesuai dengan bidang bisnis yang kita tekuni. Logo harus memberikan gambaran tentang kualitas produk dan kelebihannya. Logo harus dipadukan dengan nama, warna, bentuk, suara, grafik dan pergerakannya. Tema dan atribut logo sangat penting hingga ketika orang melihat salah satu dari warna, bentuk, nama atau tagline maka masyarakat sudah mengenal dan menyatu di mata dan telinganya. Logo dapat membuat persepsi masyarakat kearah yang kita harapkan. Untuk mendapatkan persepsi yang demikian maka tampilkan keunikan atau ciri khas atau perbedaan dan manfaat atau kelebihan dibanding dengan merk lain. 

2. Membuat desain logo perusahaan yang berkesan 
Ketika anda melihat logo KFC apa yang anda pikirkan. Ketika anda mendengar Starbuks apa yang terlintas dipikiran anda. Apakah anda ingat logo Pizza Hut. Kesan-kesan seperti inilah yang ingin kita dapatkan dari sebuah logo. Mudah diingat dan memberikan kesan yang positif. Sehingga ketika orang melihat logo itu dimanapu berada maka kesan positif dan mencari produk kita itulah yang diharapkan. 

3. Gunakan alat marketing yang sesuai
Dewasa ini penggunaan internet kian meningkat pesat. Apapun dapat kita gali dari internet, Maka jangan lupa untuk membuat website untuk perusahaan anda. Website memiliki peran yang sangat penting untuk menampilkan produk anda. Sesuaikan website dengan brand logo yang kita ciptakan. Tak kalah penting adalah konten dari web itu sendiri. Tampilan secara efektif dan informatif memberikan kesan yang lebih baik dibandingkan terlalu rumit dan heboh. Alat marketing lain yang dapat menjadi pertimbangan adalah vehicle branding atau mobil branding. Mobil branding akan melahirkan rasa penasaran dari masyarakat untuk mencoba. Setelah mencoba ikat merekan dengan kepercayaan yang anda berikan.

4. Social Media
Indonesia merupakan negara yang sangat rajin menulis di social media, entah itu status galau atau status motivasi yang sangat bermanfaat. Maraknya penggunaan social media tentunya harus anda ikuti untuk meningkatkan interaksi anda dengan para konsumen. Gunakan social media untuk melakukan branding dan perkenalan produk anda. Semakin sering orang melihat produk anda, semakin pesan dalam brand anda tersampaikan maka keunggulan-keunggulan produk anda akan semakin menarik hati konsumen. Rajinlah berinteraksi dua arah untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Jangan lupa untuk lebih mendengarkan apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

5. Partnership untuk meningkatkan brand
Perbanyak partner untuk meningkatkan relasi atau networking. Partner yang memiliki pelanggan yang loyal dan banyak dapat membantu anda bertukar pelanggan dengan memperkenalkan produk anda kepada pelanggannya. Jangan lupa untuk bekerja sama saling berbagi win win solution agar bisnis berkembang bersama-sama. Tidak hanya bertukar pelanggan, dengan partnership anda juga lebih banyak memperoleh info dan memiliki kesempatan untuk mengikuti event-event yang lebih besar sehingga ada kesempatan untuk melakukan brand pada produk anda.

6. Gunakan website dan blog
Buatlah web resmi atau blog berisi seluruh informasi tentang produk anda. Web/blog yang baik akan menarik minat para konsumen. Mereka tak segan untuk mencari, menggali dan bertanya tentang produk anda lebih detail. Dalam dunia maya tak ada batas waktu seseorang untuk mengakses dan bertanya. Keunggulan inilah yang harus anda menfaatkan dengan membangun blog sebagus dan semenarik mungkin. Atur rapi dan isi konten dengan berkualitas dan jawab setiap komentar yang masuk.

7. Buatlah pesan yang mudah disebarkan
Untuk meningkatkan brand anda harus mencoba menciptakan pesan yang ketika orang lain mendengar mereka dapat bercerita dan menyebarkannya. Anda masih ingat iklan m*stin, Good... Iklan fenomenal hingga booming di dunia maya. Ketika kita akan menceritakan produk itu, kita tahu bagaimana menceritakan pesannya. Sangat mudah diingat dan mudah disampaikan. Buatlah pesan yang mudah disampaikan agar tanpa sadar tidak hanya anda yang menyebarkan brand anda namun semua orang ikut menyebarkan brand anda.

8. Berikan ruang pada fans untuk partisipasi
Partisipasi dua arah merupakan cara yang terbaik untuk mengetahui keluhan konsumen. Selain untuk menyampaikan keunggulan produk dapat juga mendengarkan keluhan pelanggan. Tentunya ini dapat meningkatkan pelayanan kita lebih baik lagi. Pelayanan yang lebih baik dapat meningkatkan brand kita. Bersabarlah untuk menanggapi bermacam-macamnya sifat dan karakter pelanggan anda.

9. Menghargai superfans
Superfans adalah orang yang loyal dan ikut menyebarkan produk anda kepada orang lain. Ini adalah free marketing yang patut anda hargai. Berikan sesuatu yang berarti dan tidak harus mahal. Kehadiran superfans inilah yang dapat meningkatkan brand anda dengan baik.

10. Konsisten
Gunakan logo anda secara konsisten. Logo yang secara konsisten terus digunakan melahirkan brand awarness terhadap orang lain. Setiap kali melihat logo yang sama bertahan selama berpuluh-puluh tahun menjadi nilai positif tersendiri. Banyak perusahaan besar konsisten dengan logo mereka. Jika ada inovasi dalam logo maka bisa dipastikan pesannya tetap terjaga sehingga tetap konsisten keterkaitan dengan logo sebelumnya. Sehingga brand mereka tetap terjaga. Bahkan dengan adanya inovasi membuat lebih fresh logo dan meningkatkan brand. Selalu ingat jangan sampai pesan dalam brand anda berubah tetap konsistenlah agar menjadi brand publik. 

Selamat mencoba dan semoga sukses.

0 Komentar untuk "10 Tips Branding Produk"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top