Panduan Bisnis

Berkarya Jadi Pengusaha. Berisi ekonomi dan bisnis.

Inovasi Nilai, Solusi Perubahan


Inovasi adalah sebuah proses pembaruan dalam unsur kebudayaan masyarakat, yakni teknologi. Inovasi berarti penemuan baru dalam teknologi manusia. Dalam pengertian yang lain, inovasi juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk memperkenalkan hal-hal baru atau temuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya. 
Inovasi sebenarnya merupakan hal yang bisa saja kita anggap sangat mudah. Cukup dengan melakukan amati, tiru dan modifikasi (ATM) kita telah melakukan inovasi. Namun permasalahannya adalah apakah inovasi yang kita lakukan tersebut bermanfaat bagi orang lain, apakah inovasi tersebut menjadi solusi bagi masyarakat, dan yang terpenting dalam bisnis adalah apakah inovasi tersebut terjangkau dan lebih murah. Tentu hal ini menjadi tidak mudah. Dalam perspektif ini yang menjadi inovasi tidak hanya perubahan fisik dan manfaat namun ada nilai tambah dalam inovasi tersebut. Inovasi nilai (value) inilah yang akan menjadi catatan perubahan dalam sejarah. 

Jadi inovasi yang ditekankan adalah mampu memecahkan permasalahan, menjadi solusi bagi masyarakat dan terjangkau. Masyarakat rela membeli sesuatu yang dapat memecahkan masalahnya, menjadi solusi bagi masalahnya selama ini. Sehingga dalam membuat inovasi, nilai tambah ini sangat diperlukan. Misalnya orang rela membeli baju yang bagus untuk mengatasi masalahnya untuk tampil lebih menarik. 

Ada beberapa hal yang membedakan antara pedagang dan seorang entrepreneur dalam sebuah kompetisi diantaranya yaitu jika pedagang menurunkan harga untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak, sedangkan seorang entrepreneur menambahkan nilai tambah. Dengan nilai tambah yang menjadi solusi maka dengan harga yang sama atau bahkan lebih tinggi maka produknya akan makin diminati. Perbedaan lainnya dalam hal inovasi yaitu jika pedagang menambah nilai dengan resiko meningkatnya harga maka seorang entrepreneur menambah nilai dengan menurunkan harga. Jadi inovasi tidak membuat rugi bagi seorang entrepreneur. Inovasi yang baik yaitu menambah nilai bagi konsumen dan menambah penghasilan bagi produsen. 

Memang tidak mudah membuat inovasi yang baik namun bukan tidak mungkin. Sekarang banyak hal kita yang kita rasakan sebagai hasil inovasi yang menambah nilai dan menjadi solusi. Kita sebut saja misalnya produk air mineral kemasan. Inovasi yang mendunia hingga kini bahkan hingga nanti akan semakin berkembang inovasinya. Air dalam kemasan menambah nilai setetes air dan menjadi solusi bagi masyarakat dengan kemudahannya dikonsumsi dimanapun. 

Inovasi harus dapat diterima pasar, dan sesuatu yang diterima pasar maka dibutuhkan oleh pasar. Kemampuan melihat pasar jangka panjang adalah salah satu cara menciptakan inovasi. Dalam 1 tahun mendatang, dalam 5 tahun mendatang apa yang dibutuhkan oleh pasar. Inovasi itu pada dasarnya adalah untuk membuat hidup manusia lebih mudah serta meningkatkan kualitas hidup yang ada. Beri value lebih  pada konsumen, namun jangan lupa inovasi yang baik adalah yang bisa menurunkan biaya juga. Selamat berinovasi. Salam Sukses.


0 Komentar untuk "Inovasi Nilai, Solusi Perubahan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top