Panduan Bisnis

Berkarya Jadi Pengusaha. Berisi ekonomi dan bisnis.

Pentingnya Peran Mentor Bisnis


Mengapa seorang pemula dalam dunia bisnis membutuhkan mentor bisnis?. Ketika kita memulai sebuah usaha tentunya banyak hal yang menjadi pertanyaan dibenak kita. Banyak hal yang ingin kita ketahui secara detail segmen bisnis yang kita tekuni. Memang jawaban dari semua permasalahan bisa kita dapatkan dari berbagai sumber. Namun, tentunya tuntunan, motivasi secara langsung sangat kita butuhkan dari seorang yang memang benar-benar ahli dalam bidangnya. Mentor bisnis merupakan mereka yang telah mengalami pahit manisnya membangun bisnis kemudian bagaimana mempertahankan eksistensi usahanya dari waktu ke waktu. Pengalaman selama proses tersebut adalah sangat mahal dan tidak dapat diperoleh di bangku sekolah manapun. Nah, beberapa peran penting seorang mentor bisnis dapat kita ringkas sebagai berikut :

1. Menghindari kesalahan besar
Kesalahan memang guru terbaik. Namun, terlalu sering melakukan kesalahan maka akan menghabiskan banyak waktu. Seorang mentor bisnis akan melihat perencanaan bisnis kita dan memberikan arahan untuk menghindari kesalahan dalam memulai bisnis.

2. Membantu dalam perencanaan dan struktur bisnis
Seorang mentor akan memberikan arahan dalam membuat perencanaan dan struktur bisnis yang tepat. Perencanaan dan struktur yang tepat akan memudahkan kita dalam melakukan eksekusi. 

3. Kesuksesan jangka panjang
Mentor bisnis dengan segala pengalaman dibidangnya akan mengarahkan anda untuk berpikir jangka panjang. Kesuksesan yang tidak hanya dinikmati sementara waktu. Sebagaimana biasanya seorang pemula tentu sangat ingin menikmati laba sebesar-besarnya dan secepat mungkin, namun mentor bisnis akan memberikan gambaran jauh ke depan agar roda bisnis dapat berjalan jauh dengan baik.

4. Memilih anggota tim dan membangun tim
Tim yang solid adalah salah satu kunci sukses dalam sebuah bisnis. Mentor bisnis akan mengarahkan anda dalam memberikan kriteria pegawai yang sesuai dengan bisnis anda. Mengarahkan untuk membangun tim yang solid demi kesuksesan bisnis anda.

5. Pengalaman nyata
Kita mungkin seorang yang cerdas namun kita bukan orang yang pernah mengalami masa depan. Seorang mentor bisnis pernah menekuni bisnis dan merasakan jatuh bangunnya dalam membangun bisnis. Tentunya akan sangat bermanfaat untuk memperkirakan bisnis anda agar anda siap menghadapi kenyataan kerasnya dunia bisnis.

Demikian beberapa hal yang mendasari pentingnya memiliki seorang mentor bisnis. Sekali lagi, mentor bisnis akan membantu anda membangun bisnis yang anda geluti. Memberikan pengalaman dan tentu saja inspirasi dalam melangkah kedepan meraih kesuksesan. Semoga bermanfaat. Salam Sukses.
Apakah anda telah memiliki seorang mentor bisnis?




sumber gambar
0 Komentar untuk "Pentingnya Peran Mentor Bisnis"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top