Panduan Bisnis

Berkarya Jadi Pengusaha. Berisi ekonomi dan bisnis.

10 PELUANG MENJADI MOMPRENEUR SUKSES


Mompreneur atau bisnis ibu rumah tangga kini menjadi ladang usaha yang kian membentang. Bukan hanya karena peluangnya masih terbuka lebar tapi juga kontribusinya pada keluarga yang tetap berjalan. Maka tak heran, mompreneur menjadi karir impian ibu rumah tangga. 



Meskipun demikian, menjadi mompreneur tidak semudah yang dibayangkan. Mompreneur harus tahu apa yang dia suka, dia bisa lakukan, dia mau lakukan dan niat yang tajam. Oleh karena itu, temukan potensi dalam diri dan buat menjadi peluang yang berarti. 

Berikut ini beberapa peluang yang bisa dilakukan untuk menjadi mompreneur sukses.

1. Penulis 

Jika mom adalah orang yang banyak membaca dan senang menulis maka menjadi penulis lepas adalah pilihan yang baik. Tuangkan pikiran dan perasaan mom di blog, situs media, koran dan portal-portal website untuk menambah penghasilan. Semakin sering menulis, branding diri, semakin terpercaya, maka akan meningkat pula penghasilan mom. 

2. Youtuber 

Di era melejitnya youtube, maka peluang ini juga terbuka lebar untuk mom. Apapun bisa menjadi trend asal dikemas dengan bagus dan elegan. Jika mom hobi memasak, videokan langkah-langkah memasak dan tips memasak untuk siap diviralkan. Jika mom hobi membaca, bisa juga dengan mengulas buku bacaan, dan lain sebagainya. Poinnya, apapun yang mom suka dan lakukan, kemas menjadi sesuatu yang menarik untuk ditampilkan. 

3. Katering 

Memulai bisnis catering bisa dimulai dari hal kecil di sekitar kita. Bisnis ini sangat cocok bagi mompreneur yang hobinya memasak dan memiliki cita rasa yang enak. Apalagi, banyak rumah tangga yang kini sudah tidak ada waktu untuk memasak karena kesibukan. Mulailah dengan pesanan di sekitar, promosikan agar jangkauannya meluas. 

4. Laundry 

Kegiatan cuci mencuci pasti hampir setiap hari dilakukan. Laundry adalah kegiatan cuci setrika yang dikemas secara professional agar hasil laudry lebih baik daripada yang dilakukan sendiri. Bertambahnya kesibukan keluarga di rumah, tak sempat mencuci, maka laudry adalah pilihannya. 

5. Kerajinan tangan 

Banyak rupa yang bisa ditawarkan dari jasa kerajinan tangan ini. Mulai dari rajutan, jahitan, souvenir pernikahan ataupun kerajinan lainnya. Barang-barang handmade seperti ini banyak dicari orang karena keunikan dan kekhasannya. Selain di promosikan sendiri, mom juga bisa menitipkannya pada pameran atau toko-toko. 

6. Bisnis online 

Bisnis online menjadi dropshipper atau reseller bisa juga dilakukan di rumah. Menemukan produk yang potensial kemudian dijual Kembali melalui marketplace memiliki peluang sukses yang besar. Apalagi jika disertai dengan ilmu penjualan yang baik dan benar. Pasti menghasilkan income yang dahsyat. 

7. Jasa penitipan anak 

Mom yang suka sekali bermain dengan anak, memiliki ketrampilan berkomunikasi dengan anak, membuka jasa penitipan adalah pilihan yang tepat. Membantu tetangga dan menemani anak-anak bermain dan belajar plus mendapatkan income yang besar. 

8. Jasa bimbingan belajar 

Menjadi guru bimbingan belajar tidak membutuhkan waktu yang lama. Mom hanya harus mengajar 2-3 jam sehari dengan penghasilan yang lumayan. 

9. Fotografer 

Ini sangat cocok bagi mom yang hobi fotografi. Menjadi fotografer tidak harus dilakukan setiap hari. Bisa menjadi fotografer pernikahan yang sering kali di akhir pekan. Atau menjadi fotografer travelling yang bisa dilakukan sambal berlibur. 

10. Bisnis roti/kue 

Bisnis roti atau kue bisa juga menjadi ide bisnis musiman. Atau bisa juga mom menekuninya setiap hari dengan dipromosikan sendiri atau dititipkan di toko makanan, warung maupun kantin. 


Nah, ternyata banyak juga kan peluang usaha yang dapat dilakukan mompreneur. Bahkan, jika ditekuni dengan baik, tekun dan professional, bisnis ini bisa menjadi bisnis besar yang sudah banyak contohnya. Yuk mulai berwirausaha. 

0 Komentar untuk "10 PELUANG MENJADI MOMPRENEUR SUKSES"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top