Panduan Bisnis

Berkarya Jadi Pengusaha. Berisi ekonomi dan bisnis.

Tips Membangun Bisnis Rental Mobil Sukses

Kebutuhan transportasi kian hari kian meningkat. Banyak orang menginginkan kendaraan yang praktis dan dapat digunakan untuk mengangkut beberapa orang. Mobil menjadi pilihan yang tepat sebagai sarana mobilitas yang nyaman.

Namun, tak semua orang memiliki mobil. Usaha rental mobil dapat membantu orang yang membutuhkan mobil untuk bepergian dalam rentang waktu tertentu. Rental mobil menyediakan berbagai jenis mobil yang Anda butuhkan dengan biaya penyewaan per 6 jam, 12 jam atau 24 jam. 

Panduan Bisnis Rental Mobil Sukses

Untuk memulai usaha rental mobil ini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dan perhatikan. Karena, tidak hanya untungnya yang besar namun juga memiliki resiko yang besar. Oleh karena itu, perlu kejelian sebelum melakukan bisnis ini. Berikut ini beberapa panduan yang dapat Anda simak sebelum memulai usaha rental mobil yang sukses.

1. Pilih lokasi yang strategis
Lokasi menentukan kesuksesan bisnis Anda. Untuk bisnis rental, pilihlah lokasi yang strategi di tengah keramaian sehingga orang bisa dengan mudah menemukan lokasi Anda berada. Pasang banner atau papan nama agar mudah dilihat. 

2. Pilih mobil sesuai selera konsumen
Sebaiknya pilihlah jenis mobil yang banyak konsumen inginkan. Misalnya saja xenia, avanza, APV atau yang lainnya. Jenis-jenis mobil tersebut merupakan jenis mobil yang umum digunakan oleh banyak orang karena memiliki muatan yang lumayan banyak. 

3. Gunakan jasa asuransi 
Seperti yang telah disinggung diatas bahwa bisnis rental mobil memiliki resiko yang besar. Misalnya, mobil dibawa lari oleh peminjam, mobil tergores, mobil mengalami kecelakaan dan kondisi lainnya. Dengan menggunakan jasa asuransi, Anda dapat melindungi mobil Anda. Gunakan jasa asuransi yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

4. Manajemen administrasi yang baik
Manajemen administrasi harus lengkap dan tertata dengan baik. Hal ini penting untuk memperjelas data diri penyewa sehingga dapat dilacak dengan mudah jika terjadi hal yang mencurigakan.

5. Berikan nilai tambah
Ditengah menjamurnya bisnis rental mobil, Anda harus memiliki identitas dan nilai tambah untuk menambah daya saing. Berikan pelanggan kemudahan dari rental mobil Anda. Berikan opsi driver yang tidak ugal-ugalan, baik dan memiliki kemampuan tentang jalan/arah dan mesin. Bisa juga dengan penawaran harga yang menarik dengan diskon atau bonus yang menggoda. 

6. Kerjasama dengan bengkel dan tempat cucian
Menjalin kerjasama yang baik dengan bengkel langganan dan tempat cucian memungkinkan kita mendapat harga yang miring. Selain itu, bengkel langganan dapat dipercaya untuk melakukan perawatan dan perbaikan terhadap mobil Anda.

7. Promosikan
Promosikan lewat berbagai media yang ada untuk menambah pelanggan Anda. Gunakan brosur, iklan baris, spanduk, media sosial dan segala macam media yang memungkinkan. Lakukan promosi dengan memberikan diskon dan bonus untuk menarik perhatian calon pelanggan. 

8. Tambah stok mobil
Seiring kemajuan usaha rental mobil,tambahkan stok mobil yang Anda miliki. Anda bisa menjalin kerjasama dengan investor atau mengajak teman untuk menambah mobil. Bisa juga dengan menjalin relasi dengan rental mobil yang lain.

9. Berikan penawaran pada perusahaan/instansi
Perusahaan atau instansi bisa menjadi pelanggan tetap untuk memakai jasa rental. Umumnya perusahaan atau instansi akan menyewa dalam jangka waktu yang lama. Sehingga pemasukan rental mobil Anda juga bisa mengalir lebih tenang.

10. Bersiaplah jatuh bangun
Bisnis rental juga sama dengan bisnis lainnya. Harus diawali dengan usaha dan kerja keras. Oleh karena itu, sebagai wirausahawan, Anda harus bersiap jatuh bangun. Bermental baja untuk mengorbankan waktu, tenaga dan perasaan untuk mengembangkan bisnis rental mobil Anda.

1 Komentar untuk "Tips Membangun Bisnis Rental Mobil Sukses"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top