Panduan Bisnis

Berkarya Jadi Pengusaha. Berisi ekonomi dan bisnis.

Tips Mudah Mendapatkan Passive Income

Sebagai karyawan, pernahkah kita merasa gaji kita tiap bulannya hanya numpang lewat saja. Belum sampai ke gajian berikutnya namun kita harus melakukan penghematan di menit-menit akhir. Malah lebih tragis ada yang hingga berhutang. Tentu kita harus jeli dalam menyiasati kejadian-kejadian seperti ini. Jangan sampai menjadi kebiasaan hingga akhirnya kita sadar kita tak punya tabungan di hari tua. Salah satu solusinya yaitu kita harus memiliki passive income sebagai penghasilan tambahan. Lumayan bukan dapat uang tambahan untuk berjaga-jaga. Kadangkala kita berpikir untuk mendapatkan passive income adalah hal yang mustahil. Tak ada yang mustahil, hanya perlu sedikit kejelian memanfaatkan peluang yang ada. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan passive income dengan mudah.
  1. Lindungi nilai uang karena nilainya menurun jika hanya disimpan dalam bentuk tunai. Ambil tabungan untuk membeli tanah atau apartemen. Jika dijual kembali kita akan dapat hasilnya dua kali lipat. 
  2. Budget makan siang di luar jika dikumpulkan sebulan sudah cukup untuk membeli reksa dana. Mulailah membawa bekal ke kantor atau puasa setidaknya Senin dan Kamis agar pengeluaran tersebut bisa dialihkan untuk tabungan. 
  3. Belum mampu mendirikan kontrakan, mulai dengan mendirikan tempat penitipan kendaraan, terutama jika punya tanah kosong dekat stasiun atau terminal. 
  4. Ubah utang konsumtif menjadi produktif, misal mobil yang tadinya dipakai sendiri diubah jadi omprengan. Pendapatannya bisa digunakan untuk cicilan kredit. 
  5. Gunakan hobi traveling sebagai bisnis, misal bikin paket wisata murah atau tawarkan menulis artikel wisata di media massa. 
  6. Bila kita susah menabung, gunakan program tabungan berjangka bank. Hasil dari tabungan itu bisa diinvestasikan untuk memulai usaha kecil atau membeli reksa dana. 
  7. Pilih deposito daripada hanya menabung di bank. Pasalnya bunga tabungan hanya 1-2%, sedangkan bunga deposito 5,5%.
  8. Jika kendaraan kita nganggur saat weekend, sewakan mobil kepada tetangga atau saudara yang membutuhkan. Income-nya lumayan untuk tambahan uang bensin. 
  9. Jangan sia-siakan lokasi rumah yang strategis. Bila masih ada kamar kosong, sewakan saja untuk kos-kosan. 
  10. Mulai sortir pakaian yang sudah lama namun masih oke kondisinya, lalu bikin garage sale. Minimal kita akan dapat uang tambahan untuk belanja bulanan.
Mudah bukan? Tidak ada yang mustahil, Anda hanya perlu kejelian dalam melihat peluang yang Anda miliki. Selamat mencoba.



Referensi :
http://www.citacinta.com/dunia.kerja/finansial/10.trik.dapat.passive.income/003/003/69
Sumber gambar by google.com
1 Komentar untuk "Tips Mudah Mendapatkan Passive Income"

Ingin cari hunian sewa apartemen di Bali? Bisa ke The Ambengan Tenten aja karena kami memiliki fasilitas lengkap dari Private Office, Swimming Pool, Yoga Studio, Gym dan masih banyak lagi fasilitas penunjang lainnya. Kami juga menyediakan Sewa Kantor di Bali bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dalam berbisnis.

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top